A. Pengertian Model Pembelajaran
Model pembelajaran merupakan bungkus atau
bingkai dari penerapan suatu pendekatan, metode, dan tehnik pembelajaran. Joyce
dan Weil berpendapat bahwa model pembelajaran adalah suatu rencana atau pola
yang dapat digunakan untuk membentuk kurikulum (rencana pembelajaran jangka
panjang), merancang bahan-bahan pembelajaran dan membimbing pembelajaran di
kelas. Model pembelajaran dapat dijadikan pola pilihan, artinya para guru boleh
memilih model pembelajaran yang sesuai dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan.
Salah satu model yang dapat diterapkan dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu
model pembelajaran inductive
thinking (berpikir induktif). (Suprijono, 2010, hal 54-55).
B. Model Pembelajaran Inductive Thinking
Inductive thinking (berpikir induktif) merupakan suatu
proses dalam berpikir yang berlangsung dari hal yang bersifat khusus menuju hal
yang bersifat umum (Sagala, 2008). Hilda Taba (dalam Bruce & Joyce, 2000,
hal. 123) memperkenalkan suatu model pembelajaran yang didasarkan atas cara
berpikir induktif. Model pengajaran dari Hilda Taba ini didasarkan atas 3
postulat utama mengenai berfikir, yaitu sebagai berikut (Warimun, 1997, hal
20):
1. Bahwa berpikir dapat dididik atau diajarkan
2. Bahwa berpikir adalah suatu transaksi aktif antara individu
dan data
3. Bahwa proses berpikir lambat laun membentuk kaidah-kaidah
berpikir.
C. Struktur Pengajaran
Postulat yang diajukan Taba menyatakan
bahwa keterampilan berpikir harus diajarkan dengan menggunakan strategi khusus.
Esensi proses induktif adalah pengumpulan dan penyaringan informasi tanpa
henti; pembangunan gagasan; khususnya kategori-kategori, yang menyediakan
kontrol konseptual atas daerah-daerah informasi; penciptaan hipotesis untuk
dieksplorasi dalam upaya memahami hubungan-hubungan yang lebih baik atau
menyediakan solusi untuk berbagai masalah; dan perubahan pengetahuan menjadi
keterampilan yang memiliki aplikasi praktis (Joyce, dkk. 2009, hlm.104).
Menurutnya, berpikir induktif melibatkan tiga tahapan dan karenanya ia
mengembangkan tiga strategi cara mengajarkannya.
1. Pembentukan konsep (Pengumpulan, Penyajian, Pengujian, dan
Penghitungan Data)
2. Interpretasi data (Klafisikasi Pertama dan Lanjutan)
3. Penerapan/aplikasi prinsip (Membangun Hipotesis dan
Meningkatkan Keterampilan)
D. Sistem Sosial
Model
pembelajaran ini bersifat kooperatif, tetapi guru tetap menjadi inisiator
tahap-tahap pengajaran dan penentu rangkaian aktivitas pembelajaran.
E. Peran Guru
1. Guru memotivasi bagaimana siswa memproses informasi dan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang relevan
2. Guru merasakan kesiapan siswa untuk menjalani pengalaman dan
aktivitas kognitif yang baru.
F. Sistem Pendukung
Hal-hal
yang mendukung pelaksanaan model ini terutama ialah kemampuan siswa mengolah
data dan bantuan guru agar siswa dapat mengumpulkan dan mengolah data secara
sempurna.
G. Dampak-Dampak Instruksional dan Pengiring
Joyce,
dkk (2011, hlm.115-116) Model pembelajaran dan pengajaran induktif dirancang
untuk melatih siswa membuat konsep dan sekaligus untuk mengajarkan
konsep-konsep dan cara penerapannya (generalisasi) pada mereka. Model ini
mengajar minat siswa pada logika, minat pada bahasa dan arti kata-kata, dan
minat pada sifat pengetahuan.
DAFTAR PUSTAKA
Joice
dkk. (2009). Model
of Teaching edisi delapan. (Achmad Fawaid & Ateilla
Mirza, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Mirza, penerjemah). Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Sagala,
Syaiful. (2008). Konsep
dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Warimun,
Eko. (1997). Efektivitas
Modal Pembelajaran Induktif dalam
Meningkatkan Prestasi Belajar, Motivasi Berprestasi dan Sikap Siswa
Terhadap Pelajaran Fisika. Tesis pada SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Meningkatkan Prestasi Belajar, Motivasi Berprestasi dan Sikap Siswa
Terhadap Pelajaran Fisika. Tesis pada SPS UPI Bandung: Tidak diterbitkan.
Suprijono,
Agus. (2010). Cooperative
Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar\
Nama
: Vera Rosita
NIM
:1605669
Mata
kuliah : Strategi Pembelajaran
Prodi/kelas
: Bimbingan dan Konseling/B
Dosen
: Dr.
Nandang Budiman, M.Si.
0 komentar:
Posting Komentar